Minggu, 12 Mei 2013

Laporan Praktikum Manajemen Produksi Ag


BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang
Produksi agribisnis dapat diartikan sebagai seperangkat prosedur dan kegiatan yang terjadi dalam penciptaan produk agribisnis (produk usaha pertanian, perikanan, peternakan, kehutanan, dan hasil olahan produk-produk tersebut).
Manajemen agribisnis dapat diartikan sebagai seperangkat keputusan untuk mendukung proses produksi agribisnis, mulai dari keputusan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian, hingga evaluasi proses produksi.
Manajemen produksi memiliki dampak menyeluruh dan terkait dengan berbagai fungsi, seperti fungsi personalia, keuangan, penelitian dan pengembangan, pengadaan dan penyimpanan, dan lain-lain. Manajemen produksi, terutama menyangkut keputusan lokasi, ukuran atau volume, dan tata letak fasilitas, pembelian, persediaan, dan penjadwalan serta mutu produk, akan menjadi perhatian khusus dari para manajer produksi.
Usaha produksi pertanian, produksi primer, sangat variatif dan sangat tergantung kepada jenis komoditas yang diusahakan. Manajemen produksi pertanian mencakup kegiatan perencanaan, pengorganisasian input-input dan sarana, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi, dan pengendalian.
Ruang lingkup manajemen produksi pertanian :
A. Perencanaan Produksi Pertanian
1. Pemilihan Komoditas Pertanian
2. Pemilihan Lokasi Produksi Pertanian dan
B. Penempatan Fasilitas
1. Skala Usaha Pertanian
2. Perencanaan Proses Produksi Pertanian
C.  Pengorganisasian Input-input dan Sarana Produksi Pertanian
D. Kegiatan Produksi Pertanian
E. Pengawasan Produksi Pertanian
F. Evaluasi Produksi Pertanian
G. Pengendalian Produksi Pertanian
Pemilihan komoditas yang akan diusahakan memegang peranan penting dalam keberhasilan usaha produksi pertanian. Untuk usaha agribisnis berskala kecil mungkin pemilihan lokasi produksi tidak menjadi suatu prioritas, karena umumnya produksi dilakukan di daerah domisili para petani.
Skala usaha sangat terkait dengan ketersediaan input dan pasar. Skala usaha hendaknya diperhitungkan dengan matang sehingga produksi yang dihasilkan tidak mengalami kelebihan pasokan atau kelebihan permintaan. Perencanaan merupakan suatu upaya penyusunan program, baik program yang sifatnya umum maupun yang spesifik, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Setelah menetapkan jenis dan varietas komoditas yang akan diusahakan, lokasi produksi dan penempatarv fasilitas, serta skala usaha yang akan dijalankan, maka rnulai merencanakan proses produksi.
Pengorganisasian mengenai sumberdaya berupa input-input dan sarana-sarana produksi yang akan digunakan akan sangat berguna bagi pencapaian efisiensi usaha dan waktu. Pengorganisasian tersebut terutama menyangkut bagaimana mengalokasikan berbagai input dan fasilitas yang akan digunakan dalam proses produksi sehingga proses produksi dapat berjalan secara efektif dan efisien. Kegiatan produksi merupakan proses transformasi masukan menjadi suatu keluaran. Kegiatan produksi adalah melaksanakan rencana produksi yang telah dibuat dan merupakan kegiatan yang mempunyai masa yang cukup lama serta terkait dengan bagaimana mengelola proses produksi berdasarkan masukan, baik yang langsung maupun yang tidak langsung, untuk menghasiikan produk.
Pengawasan dalam usaha produksi pertanian meliputi pengawasan anggaran, proses, masukan, jadwal kerja, dan lain-lain yang merupakan upaya untuk memperoleh hasil maksimal dari usaha produksi. Evaluasi dilakukan secara berkala, mulai dari saat perencanaan sampai akhir usaha tersebut berlangsung. Pengendalian dalam usaha produksi pertanian berfungsi untuk menjamin agar proses produksi berjalan pada rel yang telah direncanakan.

B.            Tujuan

Tujuan dari praktikum manajemen produksi diharapkan setelah melakukan observasi perusahaan pertanian maka mahasiswa dapat mengetahui gambaran tentang manajemen produksi dan hambatan serta cara mengatasi hambatan dalam melakukan proses produksi.


C.            Metode Praktikum

Metode yang digunakan dalam praktikum manajemen produksi adalah Observasi Partisipatif yaitu metode pengamatan langsung dari sumber data secara mendalam.



















BAB II
ACARA PRAKTIKUM

A.      ACARA I : IDENTIFIKASI/ PROFIL PERUSAHAAN
Pada Praktikum ini, perusahaan yang dikunjungi adalah Sabila Farm, Sabila diambil dari nama anak dari pemilik perusahaan perkebunan tersebut. Pencetus pertama terbentuknya Sabila Farm adalah seorang alumnus Institut Pertanian Bogor dari jurusan ilmu tanah, ialah Ir. Gun Soetopo bersama istrinya, Elly Mulyati dari jurusan ilmu gizi, jadi mempunyai basic pertanian yang kuat. Sabila Farm berada di DI Yogyakarta tepatnya di Jl.  Kaliurang KM 18,5 Pakem-Sleman Yogyakarta 55582 Telp 0274-7115454 Info 08121033811. Karena Indonesia punya potensi untuk buah-buahan, perusahaan Sabila Farm mempunyai visi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas buah naga. Misinya dengan memperluas lahan maka visi tersebut dapat tercapai dan dapat dipasarkan ke luar daerah dan diharapkan dapat diekspor ke luar negeri. Sabila Farm adalah perusahaan perkebunan buah naga. Selain sebagai kebun produksi buah, Sabila Farm juga dijadikan sebagai tempat agrowisata dan edukasi (pelatihan petani).
Di Indonesia varietas jenis buah naga merah dan buah naga putih yang diakui oleh Keputusan Menteri Pertanian cuma di Sabila Farm melalui  sidang Keputusan Menteri Pertanian. Varietas ini sudah diakui pelepasan varietasnya di Indonesia.
Jumlah tenaga kerja dan karyawan pada Sabila Farm ada sekitar 9 orang. Terdiri dari 4 tenaga kerja harian dan 5 tenaga kerja bulanan. Tenaga kerja harian mendapat gaji sebesar 30.000/hari, sedangkan tenaga kerja bulanan mendapat gaji sebesar 1.000.000/bulan. Jam kerjanya dari jam 7.30-11.30 dilanjut lagi jam 13.30-15.30, jadi 6 jam kerja efektif.
Perusahaan perkebunan Sabila Farm ini tidak fokus dengan produksi buah naga tetapi fokus terhadap penjualan bibit buah naga. Sabila Farm juga sebagai industri bibit. Karena setiap bulannya pasti ada permintaan bibit.
Pemasaran hasil dari budidaya buah naga pada Sabila Farm terbagi menjadi 3 macam :
1.    Pemasaran di luar kota Yogyakarta, baik benih maupun bibit. Baru saja kemarin mengirim benih 126 peti (1 peti = 100 bibit) ke tegal melalui bus bisa juga dengan kereta api atau kapal laut bila jarak tempuh terlalu jauh. Harga 1 benih buah naga merah 15.000 dan 1 benih buah naga putih 10.000. Buah naga 1 box berisi 5 kg, dijual dengan harga buah naga merah 150.000/box dan buah naga putih 100.000/box.
2.    Pemasaran di daerah Yogyakarta, melalui pedagang kaki lima. Tidak dipasarkan melalui toko swalayan atau supermarket karena Gun ingin mendistibusikan buah naga agar beliau dapat mengetahui preferensi konsumen atau saran konsumen bagaimana produk buah naganya dipasaran.
3.    Konsumen dapat membeli langsung, bisa memetik sendiri dan memilih buah naga di Sabila Farm. Dengan harga yang lebih murah tentunya sekitar 10.000-12.500/buah.

B.       ACARA II: PERENCANAAN PRODUKSI
Perencanaan adalah fungsi manajemen yang paling pokok dan sangat luas meliputi perkiraan dan perhitungan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan pada waktu yang akan datang mengikuti suatu urutan tertentu. Perencanaan merupakan salah satu sarana manajemen untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Produksi yaitu suatu kegiatan yang menciptakan atau meningkatkan kegunaan suatu barang.
Perencanaan produksi (Production Planning) adalah salah satu dari berbagai macam bentuk perencanaan yaitu suatu kegiatan pendahuluan atas proses produksi yang akan dilaksanakan dalam usaha mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan. Perencanaan produksi sangat erat kaitannya dengan pengendalian persediaan sehingga sebagian besar perusahaan manufacture menempatkan fungsi perencanaan dan pengendalian persediaan dalam satu kesatuan.
Tujuan produksi bagi perusahaan adalah barang dengan spesifikasi tertentu memenuhi permintaan pelanggan. Tujuan tersebut dituangkan dalam Order Confirmation yang dibuat oleh bagian penjualan. Dengan demikian dapat disimpulkan tujuan produksi sepenuhnya dirumuskan oleh sales department, berdasarkan order yang telah diterima. Karena tujuan produksi dirumuskan berdasarkan order yang telah diterima maka dalam fungsi perencanan produksi pengaruh forecasting pada sistem perencanaan produksi dapat dikatakan tidak signifikan.
Dalam usaha mencapai tujuan perencanaan produksi terdapat berbagai macam permasalahan sesuai dengan proses yang akan dilaksanakan, kemudian dirumuskan bagaimana pekerjaan tersebut dilaksanakan secara efektif dan efisien serta bagaimana cara pengendaliannya. Keberhasilan dalam membuat perencanaan produksi dan pencapaiannya tidak hanya tergantung pada organisasi bagian perencanaan itu sendiri, melainkan sangat tergantung pada struktur organisasi secara keseluruhan dan sistem yang diterapkan.
Sabila Farm juga melakukan perencanaan produksi agar mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan dan proses produksi memperoleh hasil sesuai target yang diharapkan. Perencanaan produksi meliputi perencanaan bahan baku, perencanaan produk/jumlah, perencanaan pemasaran dan perencanaan produksi:
  1. Perencanaan Bahan Baku
Sabila Farm menggunakan bahan baku berupa bibit yang langsung diambil dari penyetekan daun buah naga yang sudah tua kira-kira yang sudah berumur 3 tahun dan sudah pernah berbuah. Jika harga benihnya sendiri 1 benih tanaman buah naga merah Rp 15.000,00 dan 1 benih tanaman buah naga putih Rp 10.000,00. Selain itu bahan baku yang digunakan Sabila Farm adalah pupuk kandang basah (saat dewasa) dan pupuk kandang kering (saat masa pertumbuhan tanaman).


  1. Perencanaan Produk/ Jumlah
Dalam 1 hektar lahan perkebunan minimal bisa dibuat sampai 4.000 penyetekan untuk bibit buah naga. Di dalam lahan tersebut juga di pasang tiang-tiang untuk penyangga batang pohon buah naga yang jarak tanamnya adalah 2,5m atau 3m. Satu tiang terdiri dari 4 tanaman. Jika menggunakan jarak 2,5m dalam 1 hektar lahan bisa sampai 1400 tiang dan jika menggunakan jarak 3m dalam 1 hektar lahan bisa sampai 1000 tiang. 1 tiangnya bisa menghasilkan 5 Kg buah naga atau sekitar 1 atau 2 buah naga. Hasil total 1 panen 20-30kg per tiang (50 – 60 buah). Dalam 1 hektar lahan bisa menghasilkan 20 Ton buah naga.
  1. Perencanaan Pemasaran
Sabila Farm memasarkan hasil produksi buah naga ke daerah Jakarta, Bogor dan Jogja. Selain itu konsumen juga dapat datang langsung ke Sabila Farm. Untuk pemasaran bibitnya Sabila farm juga memasarkan ke daerah Kalimantan. Sabila lebih menitikeratkan distribui ke pasar tradisional serta pedagang kaki lima dan bukan ke Supermarket. Sabila Farm juga memperhatikan dari segi selera pasar tersendiri untuk menentukan jenis buah naga yang akan diproduksi dan dipasarkan.
  1. Perencanaan Produksi
Dalam produksinya Sabila Farm sangat menitikberatkan kepada permintaan pasar. Sabila Farm lebih banyak memproduksi untuk buah naga merah dan putih karena lebih banyak diminati. Sedangkan untuk buah naga kuning cukup sulit untuk diproduksi karena hasil buahnya lebih kecil dan lebih lama, perbedaannya dengan uah naga mera dan putih sebesar sepertiganya sehingga Sabila Farm lebih memilih buah naga merah dan putih untuk diproduksi. Sabila farm juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi salah satunya dengan cara perluasan lahan. Pemeliharaan dilakukan melalui kontrol tenaga kerja. Pemeliharaan tanaman menggunakan herbisida untuk gulma, pembuangan bekicot, dan untuk menghindari semut dengan cara buah naga dibungkus dengan plastik. Perencanaan produksi Sabila Farm tidak hanya merencanakan jumlah bahan baku, kualitas bahan baku dan banyaknya memproduksi produk untuk dipasarkan, tetapi juga merencanakan jumlah karyawan untuk memproduksi dan bagaimana cara untuk memproduksi agar menjadi produk yang berkualitas.

C.      ACARA III: PROSES PRODUKSI
Sebagai konsep dasar mengenai pengertian proses produksi perlu kita ketahui bahwa Prses produksi terbentuk dari dua gabungan kata yaitu:
”Proses” diartikan sebagai suatu cara, metode dan teknik bagaimana sesungguhnya sumber-sumber (tenaga kerja, mesin, bahan dan dana) yang ada diubah untuk memperoleh suatu hasil sedangkan “Produksi” adalah kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan barang atau jasa. Sehingga proses produksi dapat diartikan sebagai prosedur cara, metode ataupun teknik menambah kegunaan suatu barang dan jasa dengan menggunakan faktor produksi yang ada. Untuk mengetahuai berbagai proses produksi buah naga yang ada di kebun buah naga Sabila Farm sebagai garis besarnya meliputi:
  1. Alur/ Mekanisme Proses
Proses produksi buah naga di Sabila Farm dilakukan mulai dari teknik budidaya hingga pemasaran hasil. Untuk teknik budidaya buah naga ini harus memenuhi persyaratan tempat atau lingkungan yang mendukung. Syarat tumbuh tanaman ini baik ditanam di dataran rendah, pada ketinggian 20 – 500 m diatas permukaan laut. Kondisi tanah yang gembur, poros, banyak mengandung bahan organik dan banyak mengandung unsur hara, pH tanah 5 – 7.Air cukup tersedia, karena tanaman ini peka terhadap kekeringan dan akan membusuk bila kelebihan air membutuhkan penyinaran cahaya matahari penuh, untuk mempercepat proses pembungaan. Untuk proses produksi dapat meliputi:
  1. Persiapan Lahan
Persiapkan tiang penopang untuk tegakan tanaman, karena tanaman ini tidak mempunyai batang primer yang kokoh. Dapat menggunakan tiang dari kayu atau beton dengan ukuran 10 cm x 10 cm dengan tinggi 2 meter, yang ditancapikan ke tanah sedalam 50 cm. Ujung bagian atas dari tiang penyangga diberi besi yang berbentulk lingkaran untulk penopang dari cabang tanaman. Sebulan sebelum tanam, terlebih dahulu dibuatkan Wbang tanan dengan ukuran 40 x 40 x 40 cm dengan jarak tanam 2 m x 2,5 m, sehingga dalam 1 hektar terdapat sekitar 2000 lubang tanam penyangga. Setiap tiang/pohon penyangga itu dibuat 3 – 4 Lubang tanarn dengan jarak sekitar 30 cm dari tian penyangga.Lubang tanam tersebut kemudian diberi pupuk kandang yang masak sebanyak 5 – 10 kg dicampur dengan tanah.
  1. Pembibitan
Buah Naga dapat diperbanyak dengan cara : Stek Biji. Umumnya ditanam dengan stek dibutuhkan bahan batang tanaman dengan panjang 25 – 30 cm yang ditanam dalam polybag dengan media tanam berupa campuran tanah, pasir clan pupuk kandang  dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Proses Pembibitannya sebagai berikut :
1.Campur pupuk kandang (sapi/ayam) + tanah gembur dan pasir sungai, masukkan ke dalam Polybag ukuran sekitar 1 kg. (1:1:1:1)
2. Pilih bibit yang cukup tua untuk di tanam yang berasal dari induk yang pernah berbuah.
3. Taruh benih di tempat teduh, untuk menghindari panas matahari. Hal ini dilakukan karena benih belum memiliki perakaran yang memadai
4. Setelah sekitar 1 bulan, benih bisa ditempatkan di areal dengan intensitas matahari penuh.
5. Beri ajir dari potongan bambu atau kayu untuk menahan benih agar tetap berdiri tegak.
6. Apabila musim kemarau sebaiknya dilakukan penyiraman air 3 hari sekali dengan air secukupnya.
7. Apabila benih sudah memiliki perakaran yang cukup dan telah tumbuh tunas, benih siap di pindah ke areal yang telah disiapkan.
  1. Penanaman
Penanaman dilakukan dengan diawali pembersihan lahan dari lumpur, modeling lahan yaitu double row. Proses penanamannya sebagai berikut :
1. Bersihkan lahan dari gulma atau rumput liar.
2. Siapkan tiang dengan ukuran 10cmx10cm dengan tinggi 2-2.5m.
3. Siapkan media tanam berupa campuran pasir sungai+kompos+tanah gembur +abu sekam(2:3:2:1). Apabila ada tambahkan abu dari limbah pabrik tebu, untuk mempercepat perkembangan akar serabut.
4. Siapkan lubang tanam, umumnya dengan jarak 2,5mx3m. Besar lubang 60cmx60cm dengan kedalaman 40cm.
5. Tancapkan tiang pada posisi tengah lubang dengan kedalaman 20cm.
6. Masukkan media ke dalam lubang sampai penuh.
7. Penanaman bibit bisa dilakukan dengan jarak min. 10 cm dari tiang.
8. Setelah beberapa bulan (tergantung dari pemberian pupuk organik) maka pohon tumbuh dengan pesat.
9. Ketika pohon mencapai tinggi sejajar dengan tiang, potong ujung tanaman, agar terbentuk percabangan baru. Jaga agar hanya terdapat 4-6 cabang. Cabang bisa diperbanyak, namun biasanya produksi buah akan menurun. Tapi hal ini bisa diatasi dengan pemberian pupuk yang maksimal.
  1. Pemeliharaan
1. Pengairan, pada tahap awal pertumbuhan pengairan dilakukan 1 – 2 hari sekali. pemberian air berlebihan akan menyebabkan terjadinya pembusukan.
2. Pemupukan, pemupukan dilakukan 1 minggu pertama yaitu pemberian Za dan NTK dengan komposisi 1 sendok makan per pohonnya. Za berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan vegetatif. Setelah 1 bulan diberikan pupuk NBK dengan perbandingan 16:16:16. Pupuk kandang diberikan setiap 6 bulan sekali dengan komposisi 5kg per pohon. Bulan ke 10 diberikan pupuk ZK dan KCL, ini berfungsi untuk merangsang bunga dan buah. Setelah umur sudah sekitar 1 tahun, maja pohon siap untuk berbuahh. Untuk merangsang pembungaan dan pembuahan, berikan pupuk organik yang banyak mengandung unsur P dan K atau pupuk organik perangsang bunga. Pupuk kimia dengan kandungan P tinggi antara lain yaitu TSP, ES, Atau DP. Dan untuk pupuk dengan kandungan K tinggi yaitu KCl atau ZK.
3. Pengendalian Hama dan OPT, pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) untuk sementara belum ditemukan adanya serangan hama dan penyakit yang potensial. Pembersilhan lahan atau pengendalian gulma dilakukan agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman.
4. Pemangkasan, batang utama ( primer ) dipangkas, setelah tinggi mencapai tiang penyangga ( sekitar 2 m ), clan ditumbuhkan 2 cabang sekunder, kemudian dari masing-masing cabang sekunder dipangkas lagi clan ditumbuhkan 2 cabang tersier yang berfungsi sebagai cabang produksi.
  1. Pemanenan
Setelah tanaman umur 1,5 – 2 tahun, mulai berbunga dan berbuah. Pemanenan pada tanaman buah naga dilakukan pada buah yang memiliki ciri-ciri warna kulit merah mengkilap, jumbai / sisik berubah warna dari hijau menjadi kernerahan. Pemanenan dilakulkan dengan menggunakan gunting, buah dapat dipanen saat buah mencapai umur 50 hari terhitung sejak bunga mekarDalam 2 tahun pertama. setiap tiang penyangga mampu menghasilkan buah 8 s / d 10 buah naga dengan bobot sekitar antara 400 – 650 gram. Musim panen terbesar buah naga terjadi pada bulan September hingga Maret. Umur produktif tanaman buah naga ini berkisar antara 15 – 20 tahun.
  1. Kendala Proses
Kendala-kendala yang dihadapi di Sabila Farm secara umum hampir sama dengan kendala-kendala pada umumnya. Seperti teknik budidaya, permodalan, hama, dan juga pemasaran. Namun kendala yang sangat dominan adalah mengenai teknik budidaya dimana disitu hama menyerang buah naga yang secara umum dapat meliputi:
  1. Tungau
Hama Tungau (Tetranychus sp.) akan menyerang kulit batang atau cabang yang merusak jaringan klorofil yang berfungsi untuk asimilasi dari hijau menjadi cokelat. Penanggulangannya dengan menyemprotkan Omite dengan dosis 1-2 gr/ltr air yang dilakukan 2-3 kali seminggu.
  1. Kutu Putih
Tanaman buah naga yang diserang hama kutu putih (mealybug) pada permukaan batang atau cabang akan berselaput kehitaman dan terlihat kotor. Hama ini bisa dikendalikan dengan menyemprotkan Kanon dengan dosis 1-2 cc/ltr air seminggu sekali pada cabang yang diserang. Biasanya dua kali penyemprotan hama kutu putih sudah hilang.
  1. Kutu Sisik
Hama kutu sisik (Pseudococus sp.) umumnya berada pada bagian cabang yang tidak terkena matahari langsung dan cabang yang diserang hama ini akan terlihat kusam. Hama ini juga bisa diatasi dengan penyemprotan Kanon dengan dosis sama dengan pengendalian hama kutu putih pada sela-sela tanaman yang ternaungi atau tidak terkena sinar matahari.
  1. Kutu Batok
Hama kutu batok (Aspidiotus sp.) menyerang tanaman dengan mengisap cairan pada batang atau cabang yang menyebabkan cabang berubah menjadi berwarna kuning. Pengendaliannya juga bisa menggunakan cara yang sama dengan pengendalian hama kutu putih dan kutu sisik.
  1. Bekicot
Hama bekicot sangat merugikan tanaman buah naga karena merusak batang atau cabang dengan menggerogotinya dan dapat mengakibatkan cabang busuk. Hama ini disebabkan karena kebersihan kebun yang kurang terjaga sepenuhnya sehingga banyak bekicot yang bisa menganggu pertumbuhan buah naga.
  1. Semut
Pada umumnya semut akan muncul pada saat tanaman buah naga mulai berbunga. Semut mulai mengerubungi bunga yang baru kuncup dan akan mengakibatkan kulit buah nantinya akan berbintik-bintik berwarna coklat yang tentunya harga buah akan menurun dengan kualitas seperti itu. Pengendaliannya dengan menyemprotkan Gusadrin dengan dosis 2 cc/ltr air.
  1. Burung
Gangguan burung pada buah naga umumnya jarang terjadi dan tidak perlu dikuatirkan. Biasanya menyerang buah yang telah masak pada bagian atas.
Secara umum hama yang paling potensial yang menganggu buah naga di Sabila farm adalah hama bekicot yang memakan tunas. Lalu ada lagi kendala lain dalam Sabila Farm, yaitu permasalahan pemasaran. Pemasaran sangatlah penting untuk membantu sebuah usaha agar usaha tersebut menjadi lebih maju. Kendala pemasaran buah naga pada pemasaran adalah dikarenakan ketidaktahuan yang begitu dalam masyarakat terhadap buah naga itu sendiri. Sedangkan masalah modal adalah ketidakadaan modal untuk mengganti kerugian jika usaha tersebut mengalami kerugian.
  1. Metode/ Cara Mengatasinya
Disini akan dijelaskan tentang beberapa cara untuk mengatasi segala permasalahan atau kendala yang ada pada Perkebunan Sabila Farm. Pertama untuk mengatasi masalah hama bekicot yang menganggu adalah dengan cara manual dan menggunakan obat. Cara manual adalah dengan cara mengambil bekicot itu dengan tangan dan membasminya, sedangkan dengan menggunakan obat adalah dengan menggunakan Kamsnoil ( pelet yang berwarna hijau kebiruan) dan diberi ke tiang / batang tanaman buah naga. Sedangkan untuk permasalahan pemasaran dapat digunakan bebrapa cara, diantaranya dengan memeberikan pengetahuan secara langsung kepada masyarakat yang ingin mengetahui kegunaan atau khasiat dari buah naga. Lalu bisa juga melakukan promo di internet tentang buah naga dan aplikasi-aplikasi yang bisa dilakukan terhadap buah naga itu sendiri.

D.      ACARA IV: PENGENDALIAN / KONTROL KUANTITAS DAN KUALITAS PRODUK
Kuantitas produk itu sendiri adalah jumlah suatu produk yang dikonsumsi atau digunakan atau jumlah Barang dan jasa yang dapat dihasilkan dalam suatu periode tertentu. Sedangkan kualitas produk sendiri yaitu Quality is the totality of features and characteristics of a product or service that bear on its ability to satisfy stated or implied needs. Maksud dari definisi di atas adalah kualitas produk merupakan keseluruhan ciri serta sifat barang dan jasa yang berpengaruh pada kemampuan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan yang dinyatakan maupun yang tersirat. (Adam and Eberts, 1992). Kualitas produk merupakan hal penting yang harus diusahakan oleh setiap perusahaan termasuk dalam perusahaan sabila farm, jika ingin yang dihasilkan dapat bersaing di pasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Kualitas merupakan faktor yang terdapat dalam suatu produk yang menyebabkan produk tersebut bernilai sesuai dengan maksud untuk apa produk itu diproduksi. Kualitas ditentukan oleh “sekumpulan kegunaan” (bundle of utilities). Fungsinya termasuk di dalam daya tahan, ketidak – tergantungan pada produk atau komponen lain, eksklusivitas, kenyamanan, wujud luar (warna, bentuk, pembungkusan, dan sebagainya) dan harga yang ditentukan oleh biaya produk. (Handoko, 1990 : 25 ). Upaya perusahaan sabila farm dalam mengotrol kuantitas yaitu dengan :
1. Analisis kebutuhan Tanaman buah Naga
Dengan menganalisis kebutuhan tanaman buah naga yang dapat memberikan kualitas yang maksimal yaitu adanya tanaman yang terlihat layu dan menganalisis permasalahan tanaman buah naga tersebut kenapa buah tersebut bisa layu, dengan menganalisis perusahaan sabila farm dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh tanaman buah naga tersebut. Dan tidak adanya pemakaian yang berlebihan atu pemborosan yang berdampak akan mengurangi produk berbuahnya buah naga tersebut.
2. Penentuan jumlah pembelian bahan baku khususnya terhadap produksi tanaman buah naga.
Dengan adanya prioritas mana yang akan dipilih mana yang akan dibeli dari bahan baku tanaman naga tersebut maka setelah perusahaan sabila farm dapat menganalisis produk tanaman buah naga dan apa saja yang dibutuhkan. Dalam tanaman buah naga tersebut maka setelah itu adanya penentuan jumah pembelian bahan baku, dan mana yang tidak ada dalam analisis tersebut tidak dibeli sehinga tidak kan menimbulkan kuantitas produk yang tidak memenuhi standar perusahaan sabila farm.
3. Penentuan kapan pembelian keperluan produk harus dilakukan
Dengan penentuan kapan harus dilakukan sehingga perusahaan tahu bahwa adanya pupuk yang dibutuhkan atau pestisida dengan herbisida atau yang lainnya, dapat memberikan hasil yang maksimal dalam penanganan. Misalnya pupuk perusahaan sabila farm membutuhkan pupuk kandang basah dan pupuk kandang kering. Pada saat pertumbuhan pupuk kandang kering yang digunakan. Dan pada saat dewasa pupuk kandang basah yang digunakan farm harus membeli pupuk kandang basah tersebut bila sudan mencapai dewasa sehingga supaya tidak layu yang nantinya akan menurunkan jumlah kuantitas. Upaya pengontrolan kuantitas agar tidak berkurang dari standar yang telah  ditetapkan oleh prusahaan sabila farm.
Dalam mengontrol kualitas produk di perusahaan sabila farm tersebut yaitu dengan telah terkendalinya kualitas buah naga  maka akan dihasilkan output  yang sesuai dengan standar yang telah dietapkan. Pengendalian buah naga dilakukan baik terhadap kualitas bahan maupun kuantitas bahan. Pengendalian kualitas bahan dimaksudkan agar tercapai kesesuaian kualitas bahan yang dibutuhkan dengan standar yang telah ditetapkan. Agar dapat bersaing dengan pasar. Upaya yang dilakukan oleh perusahaan sabila farm yaitu:
1.  Dilakukan pengontrol tanaman buah naga tersebut
Dengan mengontol setiap hari atau seminggu dilakukan lima kali maka tanaman buah naga tersebut akan terjaga, dan kualitas tanaman buah naga tersebut akan memenuhi standar perusahaan sabila farm tersebut contohnya adanya bekicot , semut serta adanya hama – hama lainnya yang terdapat dalam tanaman akan terhindar karena adanya pengontrolan tanaman yang dilakukan yaitu adanya pemberian pestisia yang berkecukupan dan langsung dibami, karena adanya bekicot dapat menurunkan produksi tanaman buah naga. Serta mengindari rusaknya buah naga tersebut.
2.  Adanya pengecekan atau perawatan peralatan serta mesin – mesin
Mesin serta peralatan yang digunakan dalam proses produksi akan memepegaruhi terhadap mutu produk yang dihasilkan perusahaan sabila farm. Peralatan yang kurang legkap serta mesin yang rusak atau sudah tidak ekonomis akan menyebakan rendahnya mutu dan produk yang dihasilkan, serta tingkat efesien yang rendah. Akibatnya biaya prouksi menjadi tinggi, sedangkan produk yang dihasilkan kemungkinan tidak akan laku dipasarkan. Oleh sebab itu perusahaan sabila farm mengecek dan memperbaiki peralatan yang sudah tidak eknomis lagi. Untuk mengindari penurunan kualitas buah naga tersebut.
Kendala yang dihadapi oleh perusahan sabila farm yaitu Kendala yang dihadapi dalam pengendalian kuantitas dan kualitas produk hanyalah mentalitas karyawan yang terkadang kurang baik. Untuk mengatasi hal tersebut,  perusahaan selalu menetapkan target pada karyawan lebih tinggi dari target perusahaan yang sesngguhnya. Misalnya, bila target perusahaan adalah 45 m3 veneer/hari maka kepada karyawan dibebankan target yang lebih dari itu yaitu sekitar 48 m3. Dengan demikian maka target perusahaan akan selalu dapat tercapai. Kemudian untuk meningkatkan mentalitas karyawan, perusahaan menerapkan peraturan kerja dengan disiplin yang tinggi. Dengan di terapkannya kedisiplinan tersebut diharapkan metal karyawan akan terbenuk menjadi lebih baik.









BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

A.           Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat diambil dalam praktikum manajemen produksi adalah :
1.        Sabila Farm merupakan salah satu unit usaha produk agribisnis pertanian.
2.        Sabila Farm memproduksi buah naga merah dan buah naga putih.
3.        Daerah pemasaran hanya sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
4.        Kuantitas produk itu sendiri adalah jumlah suatu produk yang dikonsumsi atau digunakan atau jumlah Barang dan jasa yang dapat dihasilkan dalam suatu periode tertentu. Sedangkan kualitas produk sendiri yaitu Quality is the totality of features and characteristics of a product or service that bear on its ability to satisfy stated or implied needs.

B.            Saran

Saran yang dapat diberikan adalah :
1.        Memperluas pemasaran produk buah naga tidak hanya di daerah sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saja.
2.        Produksi buah naga sebaiknya diolah dalam bentuk olahan lain agar harga dapat lebih tinggi dalam pemasarannya.




DAFTAR PUSTAKA

http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/produk-definisi-klasifikasi-dimensi_30.html.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar